Cara Merawat Tanaman Hias yang Baik – Banyak sekali manfaat yang dapat Anda dapatkan bila memiliki tanaman hidup di dalam ruangan kantor, rumah, acara maupun halaman rumah “Manfaat Tanaman Hias“. Salah satu manfaat memiliki tanaman hias adalah dapat membuat suasana rumah menjadi lebih indah dan alami. Selain itu dengan tanaman hias juga dapat menyegarkan pikiran, menyejukan hati serta menenangkan mata.

Nah, agar tanaman tumbuh dengan subur dan tetap dapat enak saat dipandang, tentu membutuhkan perawatan. Khusus untuk tanaman hias, akan membutuhkan perawatan yang terbilang harus extra. Karena tanaman hias ini perlu dijaga keindahannya. Namun tidak semua orang mempunyai waktu untuk merawat tanaman hias yang mereka miliki. Salah satu untuk mengatasi perihal tersebut adalah dengan mengandalkan jasa persewaan tanaman. Bila Anda berada di wilayah jakarta, Anda dapat menggunakan jasa sewatanaman.com untuk merawat tanaman hias, jual tanaman hias, maupun dekorasi tanaman hias untuk acara.

Penyiraman

Setiap tanaman pasti membutuhkan yang namanya air, maka Anda harus rajin melakukan penyiraman setiap hari. Bila berada pada ruangan, maka sebaiknya Anda tidak terlalu banyak melakukan penyiraman dan pada bagian bawah pot memiliki bagian untuk menampung air.

Pada umunya perhitungan kebutuhan air pada tanaman tersebut dapat dilihat dari air sudah keluar dari lubang pot bagian bawah. Jadi pastikan Air sudah menebus lubang pot ketika melakukan penyiraman.

Kelembaban

Setiap tanaman membutuhkan kelembabab yang cukup. Terutama pada tanaman hias, kelebabab sangat dibutuhkan. Melakukan pengecekan kelembaban tanaman hias ini sangat mudah, yaitu dengan melihat pada bagian daun yang mengering atau terdapat bintik-bintik berwarna coklat.

Khusus tanaman hias yang berada diruangan, kelembaban dapat dibantu dengan AC. sedangkan tanaman yang hias yang berada diluar ruang dapat dengan rajin menyiram setiap pagi dan sore hari.

Pencahayaan

Anda harus mengetahui jenis tanaman yang Anda tanaman tersebut. Karena tidak semua tanaman bisa tumbuh diruangan dengan pencahayaan yang minim dan lebih baik tumbuh diruangan terbuka untuk dapat melangsungkan fotosintetis. Lebih baik lagi bila Anda memiliki waktu untuk mengeluarkannya. Namun agar tidak repot, tanaman bisa diletakan pada bagian ruangan yang memang terkena cahaya.

Kesuburan

Kesuburan tanaman akan terjadi bila tanaman sudah mendapatkan asuoan gizi yang pas seperti cahaya, udara dan kelembaban dapat terpenuhi dengan baik. Selain itu, tumbuhan juga makanan seperti pupuk organik secara berkala, dengan minimal 3 bulan sekali. Selain itu Anda juga perlu mengganti media tanam (tanah) agar tanaman lebih fresh.

Kebersihan

Selanjutnya adalah menjaga kebersihan tanaman. Sama halnya seperti mahluk hidup lainnya, tanaman juga membutuhkan kodisi yang bersih agar dapat berkembang dengan baik. Dengan kondisi tanaman yang bersih, maka tanaman tidak akan mudah terserang hama. Selain itu, tanaman juga akan terlihat lebih indeh ketika dalam keadaan bersih.

Membasmi Hama

Sudah pasti tanaman tidak akan lepas dari yang namanya hama. Jadi usahakan memberi peptisida atau obat hama yang aman bagi tumbuhan. Selain dengan pertisida, Anda juga dapat membuang hama secara manual bila hama tersebut ulat, kumbang, semut, rayap dan lainnya.  Keindahan tanaman akan tetap terjaga bila terhindar dari hama.

Mengganti Pot

Saat tanaman sudah berkembang dan besar, maka pastinya membutuhkan ruang yang lebih besar. Nah disini Anda perlu mengganti dengan pot yang lebih besar. Dengan ruang yang lebih besar akan membuat pertumbuhan tanaman semakin baik dan nutrisinya lebih mudah untuk tercukupi.

Pemangkasan

Selanjutnya melakukan pemangkasan. Dengan pemangkasan tersebut, maka berarti melakukan peremajaan tanaman kembali. Bila pemangkasan dilakukan secara teratur, maka akan membuat pertumbuhan tanaman semakin baik. Anda dapat melakukan pemangkasan pada bagian tanaman yang mati, kering, rusak maupun berpenyakit.

Pemupukan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa tanaman juga membutuhkan makanan atau nutrisi berupa pupuk. Tanaman hias sebaiknya menggunakan pupuk organik saja. adapun pupuk organik ini dapat meliputi kotoran ayam yang telah matang atau sampah dari dedaunan. Lakukan pemupukan setiap 3 bulan sekali.

Pengaturan

Nah ini juga penting agar tidak membosankan yaitu melakukan dekorasi atau pengaturan pada tanaman. Tanaman akan lebih indah bila memiliki tampilan yang menarik. Selain membentuk tanaman sesuai yang diinginkan, Anda juga dapat membuat tanaman menajdi mengantung (tamanan merambat) dan lain sebagainya. Gunakan kreasi Anda semaksimal mungkin.

 

 

httpx://pakarbudidaya.blogspot.com/2016/10/10-cara-merawat-tanaman-hias-di-pot.html

httpx://jabar.tribunnews.com/2017/08/01/ini-10-cara-merawat-tanaman-hias-dalam-pot-di-rumah-anda?page=2

Pengunjung Juga Mencari:

  • tanaman hias agar subur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *