Tanaman Hias Jenis Palem – Ada banyak sekali jenis tanaman hias, diantaranya tanaman hias jenis batang, bunga, daun, buah, akar dan mungkin ada banyak jenis lainnya yang belum sewatanaman.com ketahui. Salah satu yang akan kita bahas merupakan tanaman hias jenis batang (Tanaman Hias Jenis Palem).

Seperti yang diketahui, tanaman hias jenis palem ini sangat mudah tumbuh pada daerah tropis maupun subtropis. Untuk menemukannya pun sangat mudah. Anda dapat menemukan tumbuhan ini di daerah pantai hingga pegunungan. Selain itu, yang menjadi kelebihan tumbuhan jenis palem ialah dapat tumbuh pada daerah yang gersang.

Baca artikel lain :

Dengan mudahnya tumbuh dan bentuknya yang eksotis, tanaman jenis palem (palm) ini dapat dikatakan tumbuhan jenis bangsawan. Sehingga banyak yang menjadikan tumbuhan ini sebagai tanaman hias pada outdoor maupun indoor. Dan digunakan untuk sebuah event seperti seminar, pernikahan dan acara lainnya.

Salah satu fungsi tanaman hias ialah agar membuat suasana rumah atau acara semakin ASRI. Selain itu, dengan adanya tanaman, dapat membantu mengurangi stress dan meningkatkan udara yang lebih sehat. Baik, kembali lagi ke topik utama. Berikut ini beberapa Tanaman Hias Jenis Palem Untuk Indoor Dan Outdoor :

Palem Paris (Calamus ciliaris)

Palem Paris

Palem paris dapat dengan mudah ditemukan di jawa barat, dengan ciri memiliki batang yang tidak terlalu tebal. Sedangkan untuk tingginya hanya sekitar 3 meter dengan diameter batang 2 cm, memiliki daun berbentuk sirip, melengkung serta berwarna hijau gelap. Palem paris sering disebut juga dengan palem rotan, karena seting digunakan untuk mengikat dan tumbuh merambat.

Palem Ekor Ikan / Sarai (Caryota mitis)

Palem Ekor Ikan

Palem Ekor ikan memiliki daun yang beerbentuk seperti ekor ikan. Adapun bentuk daun ekor ikan ini seperti sirip, dengan jumlah ganda dan panjang 30-40 cm. Pada bagian sisi daun tidak rata, tumpul serta bergerigi. Palem ekor ikan banyak dijumpai di semenanjung Malaya, Sulawesi Utara, serta pulau jawa.

Palem Kuning (Chrysalidocarpus lutescens)

Palem Kuning

Palem kuning memiliki batang serta tangkai berwarna kekuning kuningan, sehingga disebut dengan palem kuning. Daun yang indah ditopang dengan batang yang berumpun seimbang dengan ketinggian yang bervariasi sehingga membuat daya tarik tersendiri.

SEWA TANAMAN HIAS JAKARTA

Palem kuning memiliki tinggi 1 meter-an dengan diameter 60 cm. Palem kuning banyak digunakan untuk memperindah ruangan indoor maupun outdoor, seperti tata ruangan perkantoran, hotel, rumah sakit, seminar dll. Harga sewa palem kuning dikisaran 35.000 – 150.000, tergantung ukuran dan durasi sewa.

Palem Waregu (Rhapis sp.)

 

Palem waregu biasanya sering digunakan untuk tanaman hias indoor (dalam ruangan). Palem waregu ini berasal dari asia timur dan asia tenggara, tumbuhnya secara berkelompok atau grup. Jenis palem ini memiliki 10 spesies yang sama serta bentu eksotis. Namun jenis yang paling banyak djumpai dan memiliki ketahanan pada ruangan ber AC adalah jenis hapis gracillis dan Rhapis humilis. Harga sewa tanaman hias palem waregu dapat mencapai hingga 150.000

Palem Botol

Palem botol

Palem Botol merupakan salah satu jenis pohon palem yang sudah lama berada di indonesia. Jadi kemungkinan jika dirumah Anda masih terdapat jenis palem ini, maka umurnya sudah tua. Bentuk palem botol ini sangat khas dibanding dengan jenis palem lainnya.

Palem botol mempunyai mayang yang ditumbuhi dengan daun berbentuk menyirip, dengan jumlah 4-6 mayang saja. Jika muncul daun baru dan jumlahnya melebihi 6 mayang, biasanya daun yang lama akan segera gugur. Palem botol ini digunakan untuk tumbuhan hias outdoor, jika digunakan untuk indoor terlalu besar.

Palem Raja

 

Palem raja ini memiliki batang yang tinggi hingga mencapai 20 meter, sehingga sangat cocok untuk tanaman hias pinggir jalan dan pekarangan rumah yang luas. Palem raja memiliki diameter batang 45 cm, bagian batang bagian bawah berwarna abu kecoklatan serta bagian mayang berwarna hijau cerah.

Palem Putri / Palem Manila

palem putri

Palem putri kebalikan dari palem raja. Palem putri hanya memiliki tinggi maksimal 5 meter saja. Selain itu, yang menjadi ciri khas utama Palem Putri ini adalah mempunyai warna abu-abu pada bagian batas batang dan memiliki buah berwarna merah serta hijau. Palem putri berasal dari Filipina, sehingga dapat disebut juga dengan Palem Manila.

Palem Merah

 

Sesuai dengan namanya, palem merah memiliki ciri dengan batangnya berwarna merah, dan daun berwarna hijau. Sehingga sangat mencolok sekali pada bagian batangnya. Namun karena keunikannya tersebut, membuat Palem Merah banyak disukai orang untuk ditanam di pekarangan. Sama halnya dengan palem waregu yang tumbuh secara berkelompok, Palem merah juga tumbuh secara berkelompok dengan ketinggi 6 sampai 14 meter.

Palem Kipas

 

Ciri khas palem kipas ialah pada bentuk daun yang menyerupai kipas tangan, yaitu lebar dan menyatu. Jenis palem ini biasanya dengan mudah ditemukan di daerah kalimantan serta malaysia. Selain itu, palem kipas dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 20 meter.

Palem Segitiga (Dypsis decaryi)

 

Sesuai dengan namanya, palem ini memiliki batang pohon yang berbentuk segitiga tebalik. Palem segitiga dapat tumbuh mencapai 15 meter dengan batang ditmbuhi daun mencapai panjang 2,5 meter. Palem segitiga ini termasuk jenis palem langka dan sulit untuk tumbuh. Hanya pada iklim yang sesuai ia dapat tumbuh dengan baik.

Palem Phoenix

Palem Phoenix

Palem Phoenix ini sangat cocok bila digunakan di dalam ruangan, yaitu dengan jenis Phoenix Roebelenni, dan Phoenix Canariensia. Palem phoenix memiliki ciri dengan daun berwarna hijau gelap menjuntai. Selain itu, anak daunnya berukuran kecil dengan sususan rampak dan kompak. Palem rampak ini berasal dari china.

Jika Anda membutuhkan persewaan tanaman untuk mendekorasi rumah, acara dan lainnya. Silakan menghubungi kami untuk melakukan persewaan : Jasa Persewaan Tanaman Hias Jakarta

httpx://www.kebunbunga.net/jenis-tanaman-hias-palem/

Pengunjung Juga Mencari:

  • Ciri palem paris
  • harga palem waregu
  • jenis palem putri
  • palem rotan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *